Kamis, 24 November 2016

JENIS SEPATU SANTAI

                                                         JENIS SEPATU SANTAI

Chuck Taylor/sepatu converse


jenis-jenis-sepatu-santai-chuck-taylor
Sepatu converse yang dilukis custom
Sepatu ini sebenarnya termasuk dalam jenis sepatu kets. Tapi, karena sangat terkenal dan khas, sepatu ini saya rasa layak dipisahkan ke kategori sendiri. Kamu sendiri pasti sudah tidak asing lagi dengan bentuk sepatu ini. Simpel dengan bagian badan yang berbahan kain dan bagian depan dan telapak berbahan karet.
Model dasarnya awalnya hanya dua, yaitu low-top dan high-top. Tapi seiring waktu muncul variasi model lain seperti bagian pinggir yang lebih tipis, high-top yang super tinggi, slip-on, dan sebagainya. Tapi bagaimanapun juga, model yang standar tetap jadi pilihan utama dan paling populer, serta cocok untuk pria maupun wanita. Awalnya, sepatu ini hanya dibuat dengan kain kanvas dan berwarna polos. Tapi sekarang ini kamu akan melihat sepatu ini dibuat dengan bahan lain yang cukup kuat seperti denim, kulit, dan sebagainya. Tampilannya juga mulai disertai motif, corak, dan gambar yang unik yang kadang dilukis sendiri.
Setelah dipopulerkan oleh Converse (yang membuat sepatu ini juga dikenal dengan sebutan “sepatu Converse”), sekarang ada banyak brand yang membuat sepatu ini, mulai dari brand besar sampai brand handmade lokal. Karena, selain mudah dibuat, kemungkinan kustomisasi sepatu jenis ini juga sangat luas.

Sneakers/Sepatu Kets

jenis-jenis-sepatu-santai-sepatu-kets
Sepatu ini adalah jenis luas dari sepatu Chuck Taylor. Tapi, tidak seperti Chuck Taylor yang badannya polos, sepatu kets lain umumnya dipadukan dengan bahan tambahan. Bahan utamanya umumnya kain, terutama kanvas, sedangkan bahan tambahannya macam-macam, mulai dari kain, suede, dan masih banyak lagi. Modelnya juga bervariasi, ada yang besar dan mirip sepatu basket, tapi ada juga yang lebih ramping dan mirip dengan Chuck Taylor. Tapi pada umumnya, sebagian besar model sepatu kets juga cocok digunakan oleh pria maupun wanita (kecuali jika warna atau motifnya betul-betul feminim).
Karena digunakan untuk keperluan sehari-hari dan tidak memerlukan teknologi khusus seperti sepatu olahraga, sepatu kets ini juga diproduksi oleh banyak brand, mulai dari brand besar hingga brand handmade lokal. Selain itu, sama seperti Chuck Taylor, sepatu ini juga bisa dikustomisasi permukaannya (seperti yang kamu lihat di gambar atas).

Boots

jenis-jenis-sepatu-santai-boots
Sepatu boots punya ciri khas tinggi dan cukup kuat dan tahan lama, sehingga memberi kesan maskulin ke pemakainya. Sepatu ini juga sebagian besar dibuat dengan bahan kulit yang menjamin bahwa sepatu ini tahan lama.
Selain itu, sepatu ini punya beragam variasi model. Ada yang menggunakan tali, ada yang menggunakan strap, dan ada juga yang menggunakan zipper atau resleting. Penampilannya juga bervariasi, ada yang polos, ada yang diberi brogue, ada yang diberi motif unik, dan masih banyak lagi. Tapi bagaimanapun, sepatu boots cocok digunakan oleh pria maupun wanita. Dan karena memberi kesan kuat dan maskulin, sepatu boots tidak pernah diberi kustomisasi lukis.

Slip-on

jenis-jenis-sepatu-santai-slip-on
Sepatu slip-on sebenarnya hampir sama dengan sepatu kets. Bedanya, sesuai dengan namanya, sepatu ini tidak punya tali dan bisa dipakai dengan langsung memasukkan kakimu ke dalamnya. Secara penampilan, sepatu jenis ini biasanya punya warna, corak, atau pola yang monoton untuk tiap pasang sepatunya. Lalu, untuk bahan, sepatu ini biasanya dibuat dengan kain kanvas. Tapi ada juga yang dibuat dengan bahan denim dan kulit.
Jika dibandingkan dengan sepatu kets atau Chuck Taylor, sepatu ini jauh lebih mudah dibuat. Ruang kosong di bagian depannya juga lebih luas sebagai tempat berkreasi. Jadi, tidak heran jika berbagai macam sepatu lukis biasanya menggunakan sepatu model ini.

Espadrille


jenis-jenis-sepatu-santai-espadrille
Espadrille yang dilukis custom
Sepatu jenis ini selalu dibuat dengan bahan kanvas atau kain katun. Sekilas, sepatu ini mirip dengan sepatu slip-on karena sama-sama praktis dipakai. Tapi, bedanya, sepatu ini punya model yang jauh lebih sederhana dan minimalis dibanding sepatu slip-on biasa. Selain itu, model asli dari model ini sebenarnya menggunakan goni atau serat tambang untuk bagian telapaknya. Tapi, espadrille modern yang sering dijumpai sekarang menggunakan karet untuk telapaknya. Kalau masing bingung juga, coba bayangkan sepatu Wakai, yang by the way adalah produk handmade Indonesia.
Karena kombinasi bahan yang digunakan ini, sepatu jenis ini lebih lentur dan memberi kesan yang jauh lebih santai daripada sepatu slip-on. Untuk tampilan warna, espadrilles modern seperti pada Wakai biasanya memadukan dua atau lebih warna kain. Tapi ada juga yang satu warna, menggunakan corak unik, atau bahkan dilukis custom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar